5 Sukses Ramadhan | Yang wajib Anda raih

5 Sukses Ramadhan

5 Sukses Ramadhan

5 Sukses Ramadhan - Ramadhan adalah bulan yang paling ditunggu - tunggu Oleh Umat Islam. Bulan yang paling mulia diantara bulan - bulan yang ada. 

Banyak keutamaan dan kerohmatan yang diturunkan Oleh Allah SWT di dalam bulan Ramadan diantaranya :

Bulan Ramadhan adalah bulan dimana Al-Quran diturunkan sebagai Mukjizat Nabi Muhammad.

Pahala dilipatgandakan, Dihapusnya semua Dosa Dan diselamatkannya banyak manusia dari api neraka.

Dibulan Ramadhan, Pintu surga dibuka seluas-luasnya, Para setan dan jin dibelenggu dan pintu neraka di tutup serapat - rapatnya.

Bulan Ramadhan juga memiliki keutamaan Dimana seseorang yang beribadah didalamnya, Maka pahalanya lebih baik daripada beribadah selama 1000 bulan, Atau sering disebut dengan Lailatul Qodar.

Itu kenapa Umat Muslim berlomba - lomba mencari pahala dan derajat setinggi - tingginya saat datang bulan Ramadhan.

Dalam bulan ramadhan ada 5 jenis ibadah yang menjadi prioritas Orang Islam agar dapat melewati bulan Ramadhan dengan penuh rasa kemenangan.

Apa 5 sukses Ramadhan itu?

5 Sukses Ramdhan pertama kali dipopulerkan Oleh salah satu Organisasi Islam di Indonesia yang bertujuan untuk membimbing warganya agar dapat melewati Bulan Ramadhan dengan penuh semangat dalam beribadah.

Sesuai dengan Sabda Rosulullah SAW bahwa, Rugi sekali bagi Orang yang menjumpai Bulan Ramadhan namun Dosa - dosa nya tidak diampuni karena kelalaiannya. 

5 Sukses Ramadhan sesalu di dengungkan setiap menjelang bulan Ramadhan agar kita selalu ingat dengan kesempatan besar untuk mendapatkan Ampunan Allah, dan tidak melewatkan bulan Ramadhan seperti bulan - bulan biasanya.

Lalu apa saja 5 sukses Ramadhan?

Berikut 5 Sukses Ibadah Bulan Ramadhan

Sukses Puasa Ramadhan

1 Sukses Puasa.

Puasa Ramadhan adalah ibadah wajib yang harus dikerjakan Oleh semua Umat Islam. Bahkan Jika Orang Islam tidak bisa mengerjakan puasa saat ramadhan karena suatu halangan seperti dalam bepergian jauh maupun sedang sakit, Maka Dia diwajibkan untuk mengganti puasa dilain waktu.

Puasa memiliki keutamaan yang sangat besar, dimana seseorang yang sukses menjalankan puasa sebulan penuh, maka semua dosa - dosa nya diampuni Oleh Allah SWT. 

Jadi sangat rugi bagi Kita jika melewatkan Keutamaan puasa ini.

Adapun yang harus diperhatikan dalam menjalankan puasa adalah bagaimana kita dapat menjaga Nafsu Kita agar terhindar dari perbuatan jahat, Karena Puasa tidak hanya sekedar menahan haus dan lapar.

Namun Kita juga dituntut untuk menghindari perbuatan tercela seperti marah - marah, berbohong, menipu, menahan hawa nafsu, menahan birahi dll.

Sukses Sholat Tarawih

2. Sukses Sholat Tarawih

Sholat tarawih adalah sholat sunah yang dikerjakan secara di malam bulan Ramadhan, meskipun sholat tarawih dapat dikerjakan secara sendirian, Namun umumnya Masyarakat Indonesia mengerjakan Sholat tarawih secara berjamaah di Masjid.

Di bulan Ramadhan, Sholat tarawih menjadi spesial Karena memiliki keutamaan yang sama seperti puasa yaitu Barang siapa yang beridi untuk sholat malam di bulan ramadan karena Iman dan mengharap Dari Allah, Maka diampuni semua dosa - dosa nya.

jadi untuk Kita yang memiliki waktu luang dan sehat jasmani tentunya sangat disayangkan jika kita meninggalkan sholat tarawih karena kita akan kehilangan keutamaannya.

Sukses Membaca Al-Qur'an

3. Sukses Membaca Al-Qur'an

Sukses Ramadhan yang ketiga adalah Sukses membaca Al-Qur'an hingga Khatam. Membaca Al-Qur'an saat bulan Ramadhan adalah moment yang paling dirindukan Oleh Nabi Muhammad SAW, Dimana Beliau melakukan tadarusan dengan Malaikat Jibril hingga beberapa kali menghatamkan membaca Al-Qur'an dalam 1 bulan.

Sebagai Umat Nabi Muhammad tentunya Kita juga ingin mengikuti jejak beliau untuk dapat menghatamkan membaca Al-Qur'an di bulan Ramadhan. Minimal 1 Kali khatam dalam 1 bulan.

Sukses Lailatul Qodar

4. Sukses Lailatul Qodar

Lailatul Qodar adalah malam yang pangkat, atau biasa kita sebut dengan malam seribu bulan. Lailatu Qodar adalah sebuah anugerah yang diberikan hanya kepada Umat Nabi Muhammad dan tidak diberikan kepada Nabi dan kaum sebelum Nabi Muhammad.

Keutamaan Lailatul Qodar adalah Barang siapa yang beribadah dimalam Lailatul Qodar maka kebaikannya / pahalanya lebih baik daripada beribadah selama 1000 bulan diluar Lailatul Qodar.

Menurut Kisah, Saat Nabi Muhammad ingin menyampaikan kapan turunnya Lailatul Qodar ada 2 Orang yang bertengkar, Lalu Nabi melerai hingga Nabi Muhammad dilupakan kapan ( Malam Ke berapa ) turunnya Lailatul Qodar. 

Hingga Nabi Muhammad memberi Petunjuk kepada kita semua bahwa turunnya Lailatul Qodar Diantara 10 Malam yang akhir dibulan Ramadhan.

Sukses Zakat Fitrah

5. Sukses Zakat Fitrah

Zakat  Fitrah menjadi amalan Ibadah yang harus disukseskan dalam bulan Ramadhan karena dalam sebuah hadits dijelaskan, Pengamalan Umat manusia yang dikerjakan selama bulan Ramadhan masih mengambang diantara langit dan bumi, Ianya akan Sampai kepada Allah SWT ketika menunaikan Zakat Fitrah

Zakat adalah kewajiban yang harus dikerjakan Oleh semua Umat Islam, Baik itu seorang budak atau merdeka, Baik Pria maupun Wanita, Baik Tua maupun kecil, Baik Kaya maupun miskin. Semua berkewajiban untuk mendatangkan Zakat Fitrah.

Ketentuan Zakat Fitrah adalah 1 Sho' atau 2,7 - 3 Kg bahan makanan pokok. 

Jika di Negara Arab, umumnya memberikan zakat dalam bentuk gandum atau kurma, karena umumnya Orang arab menjadikan gandum dan kurma sebagai bahan makanan pokok.

Sementara di Indonesia, umumnya mengkonsumsi beras sebagai bahan pokok. Ada juga yang menggunakan jagung sebagai makanan pokok. ini dapat kita jumpai ditahun sebelum 80 an. Namun sekarang sudah jarang sekali kita temukan.

Penutup :

Demikian Ulasan tentang 5 Sukses ramadhan, mudah-an Kita semua diberi kekuatan untuk menjalankannya dengan baik. sehingga kita dapat mendapatkan kemenangan di bulan Ramadhan tahun ini

No comments for "5 Sukses Ramadhan | Yang wajib Anda raih"